Berkunjung ke Kebumen jangan lupa mampir ke Goa Jatijajar, tempat wisata alam yang menjadi andalan

Berkunjung ke Kebumen nampaknya belum lengkap kalau belum mampir untuk menikmati objek wisatanya. Ada banyak objek wisata di kabupaten ini mulai dari benteng peninggalan belanda, goa yang masih alami dan tentunya pantai yang berjejer di sepanjang perbatasan bagian selatan kebumen. salah satu tempat wisata pilihan yang ramai dikunjungi oleh wisatawan adalah Goa Jatijajar.
Goa jatijajar berada di ujung selatan kabupaten kebumen tepatnya di desa jatijajar kecamatan ayah. Suasana alam yang masih asri ditawarkan oleh goa ini dengan stagtit dan stalagmit khas goa alami yang masih terjaga keindahannya. Objek wisata ini tidak tutup setiap hari dari jam 07.00 WIB sampai jam 18.00 WIB.


Harga tiketnya juga ukup terjangkau hanya sebesar Rp. lima belas ribu per orang.
Sebab tersebut fasilitas di dalamnya juga cukup komplit, ikon wisata kabupaten kebumen, oleh Perihal pertama yang sangat diperhatkan adalah fasilitas umum, lahan parkir area wisata cukup luas mampu menampung sampai lebih dari sepuluh bus wisata dan ratusan sepeda motor. Fasilitas umum lainnya seperti toilet juga lumayan banyak, mushola juga tersedia di dalam area goa jatijajar.
Estetika goa jatijajar ada pada kealamiannya dan diorama yang terpasang di dalam. Diorama berupa patung patung yang berjumlah tiga puluh dua buah itu menggambarkan cerita dari Raden Kamandaka – Lutung Kasarung. Kenapa Dioramanya adalah kisah dari Raden Kamandaka? Konon ceritanya goa jatijajar pernah dijadikan tempat bertapa oleh Raden Kamandaka yang mempunyai nama asli Banyak Cokro tersebut.

Disamping Diorama perihal lain yang menarik dari goa jatijajar merupakan sungai yang ada didalam tanah yang mengalir didalam goa dan bisa pengunjung jangkau untuk merasakan kesegaran air alami yang mengalir deras. Karena letaknya yang tidak mudah dijangkau dan cukup berbahaya, ada 4 sungai didalam goa, tapi hanya 2  yang bebas dikunjungi oleh wisatawan sedang 2  lainnya tidak dibuka untuk umum
Pergi berlibur pasti mau bawa oleh oleh dan cinderamata. Jangan Khawatir lantaran didalam area objek wisata goa jatijajar sudah disediakan pasar seni oleh pengelola yang didalamnya tidak sedikit penjual jajanan dan cinderamata khas goa jatijajar. Bagaimana? Menarik bukan objek wisata yang satu  ini.

Komentar